Perbedaan Sayur Organik Dan Non Organik

Diposting pada

Perbedaan Sayur Organik Dan Non Organik – Sayuran adalah makanan yang sangat penting bagi tuguh untuk memenuhi kebutuhan serat alami dalam tubuh kita.

sayuran merupakan komponen paling penting dalam pola makan sehari-hari. Tanpa sayuran, pola makan yang seimbang pun akan sulit didapatkan.

Tidak mengherankan, karena sayuran mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh.

Selain untuk kebutuhan nutrisi tubuh, nutrisi dalam sayuran juga dapat mencegah munculnya penyakit-penyakit berbahaya.

Namun ada satu concern yang sering menyeruak mengenai sayuran yaitu manakah yang mesti dikonsumsi, sayuran organik atau non organik?

Dimana letak perbedaan sayuran organik dan non organik? Pertanyaan-pertanyaan tersebut memang sepele, namun setiap orang mesti mengetahui jawabannya.

Perbedaan Sayur Organik Dan Non Organik

Perbedaan Sayur Organik Dan Non Organik

Nah dibawah ini Anda dapat menemukan beberapa perbedaan sayuran organik dan non organik, selamat menyimak!

Paparan Pestisida

Perbedaan sayuran organik dan non organik yang pertama tentunya terletak pada penggunaan pestisida. Sayuran organik tidak terpapar pestisida sedikitpun, sedangkan sayuran non organik memang terpapar pestisida.

Untuk sayuran non organik, penggunaan pestisida memang ditujukan sebagai perlindungan terhadap hama, dan dalam kadar tertentu, masih diperbolehkan.

Kandungan pestisida ini mungkin saja masuk kedalam sayuran, namun kadarnya sangat kecil. Sayuran biasanya dicuci hingga bersih untuk menghilangkan sisa residu pestisida yang menempel.

Namun sebagian orang lebih memilih membeli sayuran organik karena relatif lebih aman untuk dikonsumsi.

Selain itu orang-orang yang mengkonsumsi sayuran organik cenderung ingin menyampaikan kampanye tentang hidup sehat tanpa pestisida.

Rasa

Selain pestisida, faktor lainnya yang sedikit memberi perbedaan antara sayuran organik dan non organik yaitu dari segi rasa.

Banyak orang meyakini bahwa lidah mereka tidak berbohong saat mencicipi sayuran organik.

Mereka mengklaim bahwa sayuran organik memiliki rasa yang jauh lebih fresh dan lezat dibandingkan sayuran non organik.

Namun banyak juga yang mengklaim tidak ada perbedaan diantara keduanya untuk soal rasa.

Harga

Perbedaan sayuran organik dan non organik lainnya yaitu dari segi harga. Sayuran organik relatif lebih mahal daripada sayuran non organik.

Terdapat beberapa faktor mengapa sayuran organik dibandrol dengan harga yang lebih mahal.

Pertama karena seorang pengusaha sayuran organik harus memiliki sertifikasi khusus agar produk miliknya memiliki status organik.

Yang kedua, biaya tanam sayuran organik jauh lebih mahal daripada sayuran non organik.

Sayuran organik mesti ditempatkan pada tempat khusus dengan perawatan yang juga khusus. Yang ketiga, produksi sayuran organik ini masih jarang, sehingga ketersediaan sayuran organik di pasaran sangatlah sedikit, inilah yang membuat harganya melonjak.

Daya Tahan

Perbedaan lainnya antara sayuran organik dan non organik yaitu dari segi daya tahan. Karena tidak menggunakan pestisida, sayuran organik cenderung lebih mudah busuk.

Selain itu biasanya, sayuran organik memiliki beberapa spot pada permukaannya. Bagi Anda yang ingin membeli sayuran organik harus sedikit hati-hati, karena sayuran organik yang sudah busuk biasanya diberi wax agar presentasinya tetap menarik.

Sayuran non organik cenderung tahan lama, dan tidak gampang busuk. Hal tersebut karena kandungan pestisida mampu membunuh bakteri yang ada didalam sayuran.

Presentasi

Bagi Anda yang sering mengkonsumsi sayuran organik pasti tahu perbedaan antara sayuran organik dan non organik. Perbedaannya terletak pada presentasinya.

Sayuran organik terlihat kurang sempurna, banyak spot-spot, dan terlihat seperti sayuran yang dipetik dari hutan.

Berbeda dengan sayuran non organik yang terlihat lebih rapi, dan terlihat sama satu sama lainnya.

Sayuran non organik (terutama yang diimpor) biasanya menggunakan senyawa kimia untuk memperbesar dan memperbagus penampilannya.

Perbandingan Nutrisi antara Sayuran Organik dan Non Organik

Pertanyaan mendasar lainnya mengenai sayuran organik dan non organik, yaitu tentang perbandingan nutrisinya.

Banyak orang menyangka sayuran organik memiliki lebih banyak nutrisi daripada sayuran non organik, benarkah itu?

University of Colorado pernah melakukan penelitian mengenai masalah ini, dan jawabannya lumayan mencengangkan. Tidak ada perbedaan nutrisi apapun antara sayuran organik dan non organik.

Nah itulah perbedaan sayuran organik dan non organik, bagaimana lumayan mencerahkan bukan?

Beberapa clue diatas hanya kulit luarnya saja, karena untuk mengetahui mana sayuran organik dan mana sayuran non organik, Anda harus mengetahui range-market atau pangsa pasar diantara keduanya.