Aplikasi Edit Foto Terbaik Dan Gratis

Diposting pada

absencenotes.com – Siapa bilang aplikasi edit foto gratis harus memiliki fitur terbatas, berkualitas buruk, atau bahkan berantakan?

Sekarang sudah banyak photo editor yang tidak semahal software berkelas seperti Adobe Lightroom atau Photoshop, dan tentunya tidak kalah kerennya.

Alat pengeditan semacam ini berguna bagi orang-orang. hampir semua kalangan, mulai dari pegiat media sosial, fotografer profesional, dan mereka yang hanya penikmat dunia foto.

Apalagi mengedit foto sekarang sudah menjadi kebutuhan. Pasalnya, foto dapat membentuk kesan pertama atau penilaian orang lain terhadap kita, baik yang diunggah melalui postingan Instagram, blog pribadi, portofolio fotografi, atau website toko online.

Konten visual juga merupakan salah satu kunci utama dalam membangun kehadiran online yang kuat. Namun, bukan berarti Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan foto yang estetis.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan memperkenalkan beberapa Aplikasi Edit Foto gratis terbaik untuk membuat foto Anda terlihat lebih keren dan profesional.

Aplikasi Edit Foto Terbaik Dan Gratis

Aplikasi Edit Foto Terbaik Dan Gratis

Berikut adalah editor foto online dan offline gratis yang memberikan fleksibilitas dan kemampuan pengeditan terbaik :

Pixlr

Salah satu alternatif gratis terbaik untuk Photoshop, Pixlr adalah editor foto online dengan fitur pengeditan yang cocok untuk profesional dan pemula. Editor foto ini tersedia melalui browser web dan versi aplikasi untuk perangkat seluler.

Anda dapat menggunakan lapisan, efek, pemilih warna, serta fitur aplikasi pengeditan foto berbayar seperti kuas khusus, peningkatan otomatis, dan koreksi warna.

Untuk mengakses lebih banyak template, alat AI, font, dan stok gambar eksklusif, Anda dapat membeli Pixlr versi premium seharga 5 USD atau sekitar Rp 70.000/bulan.

Pixlr Pro mendukung format file gambar yang bisa digunakan seperti PSD dan Sketch. Dengan begitu, Anda dapat menggunakannya untuk mengedit proyek yang diimpor dari editor foto lain.

Pertimbangan:

  • Aksesibilitas dan fitur : Keistimewaan Pixlr terletak pada banyaknya fitur yang ditawarkan.
  • Antarmuka yang intuitif : Pixlr memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah dipahami seperti Photoshop.
  • Opsi integrasi : Anda dapat membuat akun untuk menyimpan proyek di Perpustakaan Pixlr dan mengedit foto yang disimpan di Google Drive, Facebook, Flickr, atau Picasa.

Gimp

GIMP adalah editor foto sumber terbuka yang direkomendasikan untuk pengguna pro dan berpengalaman. Alat ini memungkinkan Anda mengedit gambar yang ada atau membuat yang baru dari awal.

Beberapa fitur utamanya adalah antarmuka yang dapat disesuaikan, opsi retouch lanjutan, serta kompatibilitas dengan berbagai format file dan OS.

Sedangkan untuk fitur pengeditan, GIMP menawarkan opsi untuk mengubah sudut gambar, pemilihan cerdas, dan alat penyembuhan.

Editor foto open source ini dapat diintegrasikan dengan bahasa pemrograman populer seperti Python dan Perl.

Selain itu, ia juga berisi registri yang berisi plugin buatan pengguna yang dapat Anda gunakan untuk memperkaya fitur perangkat lunak ini.

Pertimbangan :

  • Dilengkapi dengan fitur-fitur canggih : Software ini menawarkan berbagai fitur profesional dan berkelas. Tidak perlu berlangganan, tanpa syarat apa pun.
  • Benar-benar gratis : Ini adalah sumber terbuka, bebas iklan, dan bebas biaya tersembunyi.
  • Cukup sulit untuk dipelajari : Alat ini mungkin tidak cocok untuk pengguna baru atau pemula karena antarmukanya yang rumit.

Befunky

Bagi Anda yang tidak ingin repot menginstall software, solusi ini hadir dalam aplikasi edit foto berbasis web bernama BeFunky.

Editor foto ini memiliki antarmuka drag-and-drop, overlay kreatif, dan opsi penambah. Selain itu, BeFunky juga tersedia di Android dan iOS.

Ada tiga mode pengeditan di dalamnya: editor foto dasar, pembuat kolase, dan pembuat desain yang dapat Anda gunakan untuk membuat spanduk, brosur, infografis, atau proyek desain grafis lainnya.

Fitur andalan BeFunky adalah alat pemrosesan batch, koleksi filter keren dan mudah digunakan, dan pilihan tekstur latar belakangnya.

Untuk mengakses lebih banyak fitur, Anda dapat berlangganan BeFunky Plus mulai dari 4,99 USD atau Rp 70.000 per bulan.

Pertimbangan :

  • Sempurna untuk retouching : BeFunky memiliki banyak fitur berguna untuk memperbaiki gambar dan foto.
  • Banyak mode pengeditan : Tiga mode pengeditan intuitif dan mudah diakses dari menu di sebelah kiri layar.
  • Butuh paket premium untuk pengalaman maksimal : Editor ini menampilkan iklan dan beberapa fitur terbaiknya berbayar. Karena itu, BeFunky mungkin bukan pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mengedit fotonya dengan gratis .

Fotor

Seperti BeFunky, Fotor memiliki tiga mode pengeditan yang cocok untuk kebutuhan retouching dan pengeditan sederhana.

Antarmuka drag-and-drop-nya dipoles dengan sempurna untuk menghadirkan aplikasi pengeditan foto yang sederhana, tidak profesional.

Selain itu, Fotor juga dilengkapi dengan koleksi efek keren termasuk filter premium, stiker, dan bingkai.

Anda dapat mempercantik foto Anda dengan mudah dan cepat menggunakan pemrosesan batch yang didukung dan fitur peningkatan satu ketukan, cocok untuk posting media sosial.

Fotor dapat diakses melalui browser, software untuk Windows dan Mac, serta aplikasi edit foto di ponsel. Ada versi pro dengan harga mulai 8.99 USD atau Rp 128.000 per bulan.

Pertimbangan :

  • Cocok untuk pemula : Secara keseluruhan, Fotor direkomendasikan untuk pemula yang suka mengedit foto tanpa ingin ribet dan memakan waktu.
  • Tersedia pilihan format dan resolusi : Foto yang diedit menggunakan alat ini dapat diekspor ke file resolusi tinggi.
  • Tidak ada fitur lebih lanjut : Karena ditargetkan untuk pemula, fitur-fiturnya tidak mencukupi untuk pengeditan lebih lanjut.

Demikian ulasan tentang Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Gratis semoga bermanfaat.