10 Arti Warna Kotoran pada telinga manusia

arti warna kotoran pada telinga manusia

Apa kamu pernah mengamati warna kotoran telinga? Beberapa dari kita sering tidak pernah mengamati kondiri kotoran pada telinga, mungkin karena jijik, males atau tidak penting?. 

Sebenarnya kotoran pada telinga bisa juga menunjukan terjadi masalah atau prediksi masalah dalam tubuh kita loh.. 

Meskipun sedikit terlihat menjijikan tapi kotoran pada telinga merupakan zat alami yang sangat penting bagi tubuh kita. di kutip dari Healthline fungsi serumen bisa membantu melindungi telinga kita dari gangguan infeksi dan benda asing agar tidak masuk kedalam telinga sehingga tidak mengganggu indra pendengaran kita. Menariknya lagi adalah sel kulit yang sudah mati dan kotoran telinga yang sudah lama bisa keluar dengan sendririnya. hebat ya..

Indra pendengaran pada manusia di rancang dapat mengeluarkan kotoran dan membersihkan kuping dengan bantuan gerakan pada mulut, misalnya saat kita mengunyah makanan atau saat bicara, dan dengan di tunjang bentuk telinga sangat baik memungkinkan kotoran bisa keluar dengan sendirinya. Meskipun terkadang tubuh secara alami mengeluarkan serumen lebih banyak pada keadaan tubuh kita mengalami stres dan rasa takut. kondisi ini tubuh akan secara alami banyak ngeluarkan serumen.

Kotoran pada telinga pada umumnya memiliki warna kuning kecoklatan dan lebih cenderung basah.dan warna putih keabu-abuan cenderung kering. akan tetapi warna kotoran pada telinga manusia lebih tergantung dari kondisi kesehatan dan ini bisa bervariasi. 

Berikut ini adalah beberapa warna kotoran telinga pada manusia yang sering terjadi dan terkait dari arti kesehatan dari jenis warna kotoran pada telinga :

1. Warna putih agak kekuningan
Pada warna kotoran telinga yang ini masih menunjukan kondisi normal karena serumen pada telinga masih baru dan sering bertekstur dengan kondisi kering.

2. Warna kuning orange
Pada warna ini serumen masih terbilang baru dan kondisi yang masih normal, sering bertekstur, basah dan lengket.

3. Warna orange gelap atau orange tua
Pada warna ini kotoran telinga masih dalam kondisi normal dan bertektur kering dan lebih mudah di ambil dari lubang telinga. 

4.Warna orange mengarah ke kecoklatan
jika warna ini menunjukan serumen sudah agak lama dan masih dalam kondisi normal, biasanya sudah bertekstur basah dan lengket

5. Warna orange pucat
Pada warna ini menunjukan serumen pada telinga sudah agak lama dengan kondisi masih normal dan masih bertekstur dan lebih cenderung kering .

6. Warna kotoran kuning ke hijauan
Pada warna ini menunjukan kondisi kurang normal , karena biasanya mengandung cairan nanah dan infeksi telinga.

7. Warna kotoran telinga hijau
Pada warna ini serumen pada telinga menunjukan kurang normal, karena menunjukan infeksi telinga biasanya berbau tak sedap  pada kotoran telinga

8. Warna kotoran telinga kuning ke merahan
Pada kotoran telinga ini menunjukan serumen dalam kondisi tidak normal, biasanya kotoran telinga sudah bercampur darah basah dan berair, bisa di sebabkan karena  kanal telinga di gigit serangga atau gendang telinga pecah.

9. Warna kotoran abu-abu
Pada warna ini menunjukan kondisi yang tidak normal karena biasanya kotoran telinga bercampur dengan debu, kotoran atau partikel yang sudah lama menumpuk pada telinga.

10. Warna kotoran hitam
pada warna ini sudah menunjukan kondisi kurang normal karena kotoran pada telinga sudah menumpuk terlalu banyak , dan mengeras terkadang bisa terjadi iritasi setelahdi bersihkan dengan cotton bud . pada saat membersihkan telinga usahakan jangan terlalu keras menghindari iritasi akibat ini.

Secara umum warna kotoran pada telinga sering berubah-ubah sesuai usia kotoran pada telinga. maka dari itu penting menjaga kebersihan telinga dengan membersihkan secara berkala agar tidak menumpuk, perhatikan juga saat membersihan jangan terlalu keras cukup di pinggir lobang telinga, karena seperti yang kita bahas, sebenarnya telinga sudah bisa mengeluarkan kotoran sendiri melalu aktifitas pada mulut.

Selain itu penyebab lain dari warna kotoran yang berubah ubah adalah bisa berasal dari infeksi telinga, dan ditandai dengan adanya :
  • mengeluarkan cairan dari telinga
  • bau pada kotoran telinga
  • terdapat campuran darah pada kotoran teringa
  • ada warna hijau pada kotoran telinga

jika terjadi masalah kesehatan pada telinga seperti itu segera hubungi dokter dan konsultasikan dengan baik. agar kesehatan telinga kamu tetap terjaga. semoga bermanfaat ya semoga kita semua selalu di berkahi rejeki dan kesehatan yang penuh berkah. 



 


Belum ada Komentar untuk "10 Arti Warna Kotoran pada telinga manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel